Wisata Panen Madu Way Kambas

Paket Wisata

Produk Desa

Home Stay

Wisata Panen Madu Way Kambas – Jika anda sedang mencari tempat wisata yang bisa untuk edukasi terutama untuk anak – anak, maka tempat ini sangat cocok untuk anda. Tempat ini adalah wisata panen madu way kambas. Apa saja yang bisa dilakukan di tempat ini? Simak pembahasan berikut. 

Lebah madu

Lebah madu jadi salah satu hewan yang bisa dimanfaatkan dan memiliki banyak sekali manfaat untuk manusia. Seperti namanya, hasil yang nantinya dimanfaatkan dari hewan ini adalah madunya. Di dunia sendiri ada sekitar 20.000 spesies yang ada di dunia. Dari jumlah tersebut ada sekitar 44 subspesies yang bisa memproduksi dan menyimpan madu yang berasal dari nektar bunga. 

Lebah madu sendiri sudah dikenal sebagai hewan bermanfaat dari zaman budaya kuno beberapa ribu tahun yang lalu. Pada awalnya budidaya lebah madu ini mulai dikenal di kawasan laut tengah yang akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Bangsa mesir kuno pernah menciptakan corong yang berasal dari bahan tanah liat sebagai sarang lebah, dan berkembang menjadi keranjang anyaman. 

Baca Juga  Wisata Tersembunyi Harjosari Lampung

Panen madu lebah

Untuk bisa menikmati madu lebah maka perlu dilakukan pemanenan madu lebah tersebut. Proses pemanenan biasanya dilakukan sesuai dengan jenis lebah madu yang dihadapi. Jika lebah madu yang dipanen berasal dari lebah madu hutan maka akan dilakukan cara pengasapan terlebih dahulu untuk mengusir lebah yang ada di sekitar sarang lebah. 

Berbeda dengan panen lebah madu hutan, pemanenan lebah madu yang dibudidayakan dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Pemanenan hanya dilakukan dengan cara mengangkat sarang lebah yang berbentuk kolom – kolom. Kolom lebah ini nantinya diangkat dan royal jelly lebah dan madu dipisahkan dari kolom sarang ini. 

Wisata Panen Madu Way Kambas

Sekarang ini, panen madu ternyata bisa menjadi salah satu lokawisata yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Salah satu tempat yang melakukan ini adalah di desa rantau jaya udik II yang berada di kawasan sekitar taman nasional way kambas.

Baca Juga  Ekowisata

Panen madu yang ada di desa ini bisa anda lakukan secara langsung dengan ditemani oleh tour guide hingga proses panen menjadi lebih aman. Madu yang sudah anda panen juga bisa dibawa pulang sebagai oleh – oleh. 

Selain menikmati wisata panen madu, anda bisa melakukan wisata gajah, anda juga bisa mendatangi desa yang ada di sekitar taman nasional way kambas. Dari desa ini anda juga bisa menikmati wisata gajah yang ada di taman nasional way kambas. 

Selain menikmati wisata gajah yang ada, anda juga bisa menikmati wisata agro wisata yang ada di desa ini. 

Di desa braja harjosari sudah mengembangkan agrowisata dan pertanian yang bisa menjadi daya tarik tersendiri dibandingkan desa lain di sekitar taman nasional. 

Pengunjung dapat melakukan pemetikan buah jambu kristal yang menjadi unggulan di desa ini.

Artikel Terkait …

Wisata Way Kambas

Powered by Nature & Culture