Wisata Lebah Madu Way Kambas

Wisata Lebah Madu Way Kambas

Paket Wisata

Produk Desa

Home Stay

Wisata Lebah Madu Way Kambas – Bicara tentang tempat wisata murah meriah, selain Ragunan, Monas, atau Museum, kamu masih punya alternatif destinasi lain, lho. Salah satunya adalah Wisata Lebah Madu Way Kambas yang berlokasi di kabupaten Lampung Timur. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp7.000 per orang dan Rp10.000 untuk kendaraan roda empat. Ada apa saja sih di wisata ini? Simak ulasan berikut.

Wisata lebah

Di Taman Wisata Lebah, kamu bisa belajar banyak hal terkait lebah, madu, dan produk olahan lainnya yang bisa didapatkan dari lebah, seperti royal jelly, propolis, beepolen, atau beeswax.

Selain itu para pengunjung dapat mengetahui bagaimana kehidupan lebah serta apa saja yang di hasilkan oleh lebah tersebut. Dalam sehari saja para pengunjung bisa mendapatkan ilmu dari lebah yang patut kita contoh terutama kehidupan sosialnya.

Lebah-lebah yang dibudidayakan di tempat ini, disimpan dalam kotak dan tempat yang terpisah sesuai dengan spesiesnya. Setiap kotak memiliki satu ekor ratu, yang nantinya akan menghasilkan lebah-lebah pekerja, serta pejantan.

Baca Juga  Fauna Dilindungi Taman Nasional Way Kambas

Taman wisata lebah madu

Wisata Lebah Madu Way Kambas

Lebah madu menjadi salah satu hewan yang memiliki manfaat. Seperti namanya, hewan satu ini menghasilkan madu yang dimanfaatkan manusia sebagai obat salah satunya dapat mencegah penyakit jantung dan liver.

Tempat wisata edukasi ini sangat baik untuk anak-anak TK dan SD. Tidak hanya untuk anak-anak, tempat ini juga biasa digunakan untuk kegiatan Outbound & Team Building untuk perusahaan maupun masyarakat umum. Salah satu tujuan didirikannya tempat wisata ini adalah agar masyarakat khususnya para peserta didik dapat memahami kehidupan lebah serta lebih mencintai alam dan lingkungan sekitar.

Menariknya kalau kamu datang dengan rombongan sekitar 30 orang atau lebih, kamu juga akan mendapatkan fasilitas edukasi lengkap dan suguhan air madu asli, langsung dari hasil budidaya.

Lebah madu apis dorsata

Apis Dorsata merupakan lebah hutan penghasil madu terbesar di dunia. Jenis lebah hutan satu ini adalah jenis lebah asli hutan yang tidak ada campur tangan manusia. Dan jenis lebah ini hanya bisa hidup di hutan liar, membuat sarang dengan hanya satu sisiran yang menggantung di dahan dan ranting pohon, langit-langit terbuka dan tebing jurang bebatuan. Bahkan tak jarang para pemburu banyak yang meninggal dunia karna ganas lebah dan lokasi sarang lebah yang ekstrim. Jadi, pantas bila madu jenis ini di beri harga yang mahal.

Baca Juga  Wisata Gajah Lampung Harjosari

Lebah ini termasuk lebah migran, yaitu lebah yang melakukan migrasi atau berpindah-pindah tempat. Belum diketahui dengan jelas ke arah mana pindahnya lebah-lebah tersebut. Uniknya, lebah ini akan bersarang pada pohon yang pernah ditempati sebelumnya.

Jadi bisa ditandai pohon-pohon yang pernah ditempati sarang sebelumnya. Selain perilakunya yang unik, lebah ini sangat menguntungkan bagi manusia karena menghasilkan madu. Madu yang dihasilkan oleh lebah madu raksasa ini paling banyak bila dibandingkan dengan lebah madu jenis lain.

Artikel Terkait …

Wisata Way Kambas

Powered by Nature & Culture