Flora di Wisata Way Kambas

Flora di Wisata way Kambas

Paket Wisata

Produk Desa

Home Stay

Flora di Wisata Way Kambas – di taman nasional way kambas sendiri terdapat banyak flora yang hidup. Flora yang ada ini tersebar di berbagai ekosistem yang ada di taman nasional ini. Lalu apa saja flora yang ada di wisata way kambas ini? Simak pembahasan berikut ini.

Jenis-jenis vegetasi yang tumbuh di Taman Nasional Way Kambas dapat digolongkan berdasarkan tipe ekosistemnya. Ada lima tipe ekosistem di kawasan ini dan kelima ekosistem tersebut mempunyai jenis tumbuhan yang bervariasi.

Ekosistem Hutan hujan dataran rendah

Pada ekosistem hutan hujan dataran rendah jenis flora yang bisa dijumpai antara lain adalah neriung (Trema orientalis), beringin hutan (Ficus fistula), meranti (Shorea sp.), sempur (Dillenia exelsa), keruing (Dipterocarpus sp.), puspa (Schima wallichii), Malotus paniculatus, dan Adina polycephala .

Flora di Wisata way Kambas

Ekosistem hutan pantai

Untuk ekosistem hutan pantai jenis tumbuhan yang hidup di kawasan ini didominasi oleh kelompok dari jenis Cyperus sp., Fimbristylis sp., serta Ipomea pescaprae. Semakin ke arah selatan jenis flora yang tumbuh juga mengalami perubahan.

Beberapa diantaranya adalah ketapang (Terminalia catapa), nyamplung (Callophyllum inophylum), pandan (Pandanus tectoris), beberapa asosiasi dari kelompok baringtonia, cemara pantai (Casuarina equisetifollia), kelapa (Cocos nucifera), dan spesies Widelia biflora.

Pohon yang hidup di hutan mangrove biasanya didominasi oleh beberapa spesies khusus. Spesies tersebut antara lain adalah jenis api-api (Avecennia officinalis), serta dari kelompok Rhizophora dan Bruguiera.

Di sekitar perbatasan antara hutan mangrove dengan batas tertinggi dari area pasang surutnya estuaria sungai besar di taman nasional juga mempunyai flora unik. Umumnya ditumbuhi oleh jenis nipah (Nypa fruticans) dan pada beberapa wilayah dekat sungai lainnya akan dijumpai kelompok nibung (Oncosperma tigillarium).

Ekosistem hutan rawa

Pada ekosistem hutan rawa yang merupakan vegetasi daerah kering, jenis flora yang hidup di kawasan ini yaitu merbau (Instia palembanica), pulai (Alstonia scolaris), rengas (Gluta renghas), mahang (Macaranga  sp.), Melaleuca leucadendron, Randia patulata, dan Scleria purpurescens.

Tidak hanya itu, beberapa spesies lain yang juga tumbuh di ekosistem ini yaitu beberapa jenis palem, seperti aren (Arenga pinnata), spesies Licuala sp., serdang (Livistonia rotundifolia), serta Metroxylon elatum.

Ekosistem riparian

Ada juga ekosistem hutan riparian yang umumnya ditumbuhi rengas (Gluta renghas), waru (Hibiscus tiliaceus), serta Ficus retus. 

Ekosistem Hutan sekunder

Sedangkan untuk flora di ekosistem hutan sekunder yaitu damar (Shorea sp.), keruing (Dipterocarpus  sp.), puspa (Schima wallichii), dan sempur (Dillenia excelsa).

Beberapa spesies tumbuhan eksotis yang tumbuh di taman nasional ini antara lain pidada (Sonneratia sp.), gelam (Malaleuca leucadendron), ramin (Gonystylus bancanus), rawang (Glochidion borneensis), salam (Syzygium polyanthum), serta minyak (Dipterocarpus gracilis).

Itulah berbagai flora dengan berbagai ekosistem yang ada di wisata way kambas.

Artikel Terkait …

Wisata Way Kambas

Powered by Nature & Culture