Budidaya Tanaman Anggrek Wisata Way Kambas

Budidaya Tanaman Anggrek Wisata Way Kambas

Paket Wisata

Produk Desa

Home Stay

Budidaya Tanaman Anggrek Wisata Way Kambas – Tanaman satu ini bukan lagi jadi tanaman yang asing apalagi di telinga pecinta tanaman hias.

Mengingat keindahan yang ditawarkan sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias apalagi jika ditempatkan di halaman rumah.

Tahukah anda ternyata budidaya tanaman anggrek ini juga bisa ditemui di taman nasional way kambas. Kira – kira seperti apa? Simak pembahasan berikut ini. 

Tanaman anggrek

Tanaman anggrek memiliki nama latin orchidaceae. Tumbuhan yang satu ini juga termasuk suku tumbuhan bunga yang memiliki anggota terbanyak.

Untuk penyebarannya sendiri sudah menyebar mulai dari daerah beriklim tropis basah sampai ke wilayah sirkumpolar walaupun sebagian besar lebih sering ditemukan di daerah beriklim tropis.

Untuk jenis anggrek ini sendiri banyak yang hidup secara epifit atau hidup di tanaman lainnya. 

Tumbuhan anggrek sendiri memiliki beberapa jenis berdasarkan tempat tumbuh. Jenis ini antara lain : 

Anggrek epifit

Tanaman anggrek jenis ini biasanya hidup menumpang di tanaman lainnya. Biasanya anggrek yang hidup di tanaman lainnya tidak menimbulkan kerugian kepada tanaman yang dihuninya. Untuk sumber makanannya tanaman ini akan menyerap dari air hujan, kabut, dan juga udara.  

Baca Juga  Wisata Edukasi Sadap Karet tanam padi Way Kambas

Anggrek terrestrial

Ada juga anggrek yang hidup di tanah dan membutuhkan cahaya matahari langsung. Selain itu akar tanaman ini juga akan mengambil makanan langsung dari tanah. 

Anggrek Saprofit

Untuk anggrek yang satu ini, nantinya akan tumbuh pada media yang biasanya mengandung humus atau daun kering. Jenis yang satu ini juga tidak mempunyai daun dan klorofil. 

Anggrek litofit

Ada juga anggrek yang bisa hidup di bebatuan. Jenis anggrek ini biasanya hidup terhadap cahaya matahari penuh. Biasanya untuk sumber makanannya dari hujan, udara, humus, dan sumber lainnya. 

Teknik budidaya tanaman anggrek

Budidaya Tanaman Anggrek Wisata Way Kambas

Dalam melakukan budidaya tanaman anggrek ada beberapa langkah dalam membudidayakan tanaman anggrek ini.

Langkah budidaya ini mulai dari pemilihan bibit anggrek yang berkualitas, melakukan pemindahan bibit anggrek yang benar dengan media tanam yang sesuai. Melakukan perawatan tanaman dengan baik, sampai beri pupuk dengan cukup. 

Sehingga tanaman yang nantinya muncul bisa berhasil dan cantik

Budidaya Tanaman Anggrek Wisata Way Kambas

Ternyata di wisata way kambas juga ada salah satu paket wisata yang menyediakan paket wisata budidaya tanaman anggrek. Di tempat ini wisatawan dapat belajar secara langsung cara budidaya, perawatan sehingga tanaman anggrek bisa cantik dan menawan. Jika wisatawan beruntung, wisatawan dapat membawa pulang tanaman untuk dijadikan oleh – oleh. 

Baca Juga  Agrowisata Empon Empon

Selain Budidaya tanaman anggrek, anda juga bisa melakukan wisata gajah, anda juga bisa mendatangi desa yang ada di sekitar taman nasional way kambas. Salah satu yang bisa anda kunjungi adalah desa braja harjosari. 

Desa ini terletak sangat dekat dengan taman nasional way kambas dan hanya dipisahkan oleh sungai. 

Dari desa ini anda juga bisa menikmati wisata gajah yang ada di taman nasional way kambas. 

Selain menikmati wisata gajah yang ada, anda juga bisa menikmati wisata agro wisata yang ada di desa ini. 

Di desa braja harjosari sudah mengembangkan agrowisata dan pertanian yang bisa menjadi daya tarik tersendiri dibandingkan desa lain di sekitar taman nasional. 

Pengunjung dapat melakukan pemetikan buah jambu kristal yang menjadi unggulan di desa ini. 

Artikel Terkait …

Wisata Way Kambas

Powered by Nature & Culture