Taman Wisata Way Kambas Lampung

Taman Wisata Way Kambas Lampung

Paket Wisata

Produk Desa

Home Stay

Taman Wisata Way Kambas Lampung – jika anda sedang mencari tempat wisata yang memiliki keunikan lain daripada lain, maka rekomendasi yang satu ini akan cocok untuk anda. Tempat ini memiliki karakter yang sangat tepat untuk anda yang mencari berbeda dari yang lain. Apa saja itu? Simak pembahasan berikut.

Taman wisata way kambas lampung

Taman nasional way kambas merupakan taman nasional yang ada di indonesia dan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Tempat ini sangat terkenal karena menjadi tempat konservasi gajah sumatera. Apalagi wilayahnya sangat cocok untuk konservasi gajah karena kondisi kondisi geografisnya sangat cocok dan masih termasuk habitat aslinya. 

Taman nasional ini menjadi taman nasional tertua di indonesia. Tempat konservasi gajah ini pertama kali didirikan pada tahun 1936 pada zaman pendudukan belanda. Pada saat itu, taman nasional ini masih berposisi sebagai suaka margasatwa way kambas. Yang dari tahun ke tahun terus mengalami perkembangan hingga pada tahun 1991, penamaan diganti menjadi taman nasional way kambas. 

Baca Juga  Wisata Desa Braja Harjosari Lampung

Di taman nasional ini wisatawan dapat menjumpai berbagai hewan yang hidup dan dijaga di taman nasional. Utamanya hewan yang dikonservasikan di wilayah ini adalah gajah sumatera yang terancam habitatnya karena terus berkurang akibat perubahan guna lahan. Selain gajah sumatera, tempat ini juga digunakan untuk konservasi berbagai flora dan fauna seperti kerbau, badak, berbagai jenis burung dan juga berbagai flora dilindungi. 

Taman wisata way kambas lampung timur

Taman Wisata Way Kambas Lampung

Taman nasional ini terletak di kabupaten kecamatan labuhan ratu, kabupaten lampung timur, provinsi lampung. Tempat ini memiliki luas lahan sekitar 1300 km2. Wilayah ini sendiri berada di ketinggian sekitar 0-50 mdpl yang topografinya datar sampai dengan yang agak landai. Di tempat ini terbagi menjadi beberapa  ekosistem yaitu : 

Ekosistem hutan hujan

Daerah yang pertama adalah daerah yang posisinya paling tinggi daripada daerah lainnya. Wilayah ini tersebar di wilayah sebelah barat kawasan. 

Baca Juga  Lokasi Wisata Hits Harjosari

Ekosistem riparian

Yang selanjutnya adalah ekosistem riparian. Ekosistem ini merupakan zona peralihan antara darat dan juga air. Sehingga belum termasuk ekosistem yang dipetakan. 

Ekosistem hutan pantai

Selanjutnya adalah ekosistem pantai yang berada di dekat laut akan tetapi tidak tergenang air laut maupun air tawar. Wilayah ini berada di sepanjang pantai timur taman nasional way kambas. Ciri wilayah ini adalah adanya pohon ketapang, dan cemara laut.

Ekosistem hutan mangrove

Ada juga ekosistem hutan mangrove, yang merupakan pantai pergantian antara air asin dan air tawar secara teratur. Wilayah ini biasanya berada di sepanjang pantai timur kawasan taman nasional way kambas. Di tempat ini hidup berbagai jenis ikan dan udang laut. 

Sekian dulu pembahasan tentang taman wisata way kambas lampung. Jangan lupa berkunjung ke taman nasional way kambas, untuk wisata yang lain daripada yang lain. Semoga bermanfaat. 

Artikel Terkait …

Wisata Way Kambas

Powered by Nature & Culture